Yogyakarta tidak hanya memiliki Malioboro atau Pasar Beringharjo. Di satu-satunya provinsi yang berstatus sebagai daerah istimewa tersebut juga terdapat banyak wisata alam. Jika merasa bosan dengan Malioboro, kamu mungkin bisa mengunjungi tempat wisata Jogja yang berupa air terjun. Berikut ini 5 air terjun di Jogja yang bisa jadi opsi untuk mengisi liburanmu.

a. Luweng Sampang

Nama Luweng Sampang berasal dari kata luweng yang berarti lubang, dan sampang yang merujuk pada lokasinya.

air terjun luweng sampang

Instagram @rofi_aditya

Air Terjun Luweng Sampang memiliki tinggi lima meter, dan lebarnya satu setengah meter. Airnya tampak berwarna biru dengan hiasan batuan kapur berwarna putih yang membentuk bukit kecil. Batuan tersebut adalah batuan kapur yang sudah lama berada di daerah itu dan dikikis oleh aliran air. Di sini terdapat pemandangan unik berupa garis lengkung yang melekuk mengikuti bentuk dan struktur batu.

Lokasi air terjun ini berada di desa Sampang, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 30 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam.

b.  Kedung Pedut

Ciri khas yang ada pada air terjun ini adalah airnya memiliki dua warna, yakni jernih dan hijau toska. Warna hijau toska itu terjadi karena pantulan batuan di dasar sungai ketika terkena sinar matahari.

air terjun kedung pedut

Instagram @chan_ikhsan93

Bukan hanya alam yang indah, pengelola juga sudah menambah berbagai fasilitas di kawasan wisata ini. Kalau kamu mau menguji adrenalin, kamu bisa mencoba bermain flying fox. Di sini juga disediakan jembatan bambu yang bagus untuk mengabadikan momen.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut ada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo, Kulonprogo. Tidak jauh dari sini juga ada Air Terjun Kembang Soka.

c. Air Terjun Goa Selarong

Rekomendasi 5 air terjun di Jogja untuk liburan selanjutnya adalah Air Terjun Goa Selarong. Air terjun ini menjadi saksi perjuangan Pangeran Diponegoro. Saat rumahnya dibakar oleh Belanda, Pangeran Diponegoro memili Goa Selarong sebagai tempat persembunyian. Hal ini membuat Air Terjun Goa Selarong menjadi salah satu tempat wisata sejarah.

Saat musim hujan tiba, debit air terbilang besar sehingga air terjun dapat dinikmati secara maksimal. Sebaliknya pada musim kemarau, debit air menjadi berkurang dan aliran air tidak sederas ketika musim hujan. Tinggal kamu pilih, mau datang saat musim hujan, atau musim kemarau.

Lokasi air terjun ini berada di Kembang Putihan, Pajangan, Bantul. Selain air terjun, jangan lupa untuk menengok Goa Selarongnya sembari mengingat perjuangan pahlawan Diponegoro.

d. Sri Gethuk

Dikenal juga dengan nama Air Terjun Slempret, sebab lokasinya berada di blok Slempret. Wilayah air terjun ini merupakan wilayah persawahan yang tidak pernah kekeringan sepanjang tahun. Air terjun ini memiliki tebing setinggi 50 m sebagai pengawalnya. Dengan 3 sumber mata air yang dimiliki, debit air terjun ini relatif tetap meski memasuki musim kemarau.

Untuk sampai ke air terjun, kamu harus menyusuri aliran Sungai Oya dengan menyewa perahu. Tidak perlu khawatir, harga tiketnya tidak mahal, hanya Rp7.000 setiap orangnya. Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunungkidul. Anda juga berkunjung ke tempat wisata lain di dekat air terjun ini, seperti Pantai Nglambor dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

e. Lepo

Air Terjun Lepo Dlingo memiliki nama lain Air Terjun Ledok Pokoh. Sepanjang jalan menuju air terjun, kamu akan bertemu deretan pepohonan yang membuat suasana menjadi sejuk.

air terjun di Jogja

Instagram @suryojdb

Terdapat 3 tingkat air terjun di sini. Tingkat pertama memiliki ketinggian sedang dan kedalaman kolam sekitar 1,5 m. Pengelolaan juga sudah baik dengan menata batu di sekitar lokasi sehingga pengunjung lebih mudah beralih dari satu tingkat ke lainnya.

Lokasinya berada di Desa Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Bantul. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 30 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Tempat wisata ini juga masih satu desa dengan Kebu Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, dan Puncak Becici.

Dari 5 air terjun di Jogja itu, mana yang akan kamu pilih untuk mengisi liburanmu? Jangan lupa, supaya leluasa mengakses jalan sempit, pakai saja motor. Kamu bisa menyewanya di Rental Motor Jogja Murah. Dengan motor yang terawat, kondisi fit, perjalananmu menjelajah berbagai sudut Jojga pasti lancar.

Pin It on Pinterest