Home » Wisata Alam Jogja » Main ke Air Terjun Kedung Pedut Yuk

Main ke Air Terjun Kedung Pedut Yuk

    wisata kedung pedut kulonprogo

    Bukan hanya menjadi salah satu kota bersejarah di Indonesia, provinsi yang dipimpin sultan ini memiliki banyak tempat indah untuk berwisata. Selain pantai, di Jogja juga terdapat air terjun yang memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut.

    Jangan lupa, untuk mempermudah akses ke berbagai lokasi menarik ini, kamu lebih baik memakai kendaraan roda dua. Jasa Rental Motor Jogja siap membuat perjalanmu jadi mudah dan menyenangkan.

    Bagaimana keunikan dari air terjun ini? Simak sampai selesai ulasan ini ya.

    Keunikan Air Terjun Kedung Pedut

    Kedung berarti kolam, dan pedut berarti kabut. Secara harfiah, arti kedung pedut adalah kolam kabut. Air di sini meluncur dari ketinggian 25 meter kemudian ditampung oleh kolam-kolam yang dibentuk oleh alam. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dan oleh orang-orang sering disebut sebagai waterpark alami.

    Airnya memiliki dua warna, ada yang jernih tanpa warna dan hijau toska atau banyak juga yang mengatakan biru. Mengapa bisa ada yang menjadi hijau toska? Hal ini dipengaruhi oleh batuan yang terdapat di dasar sungai.

    air terjun kedung pedut

    Instagram @chan_ikhsan93

    Lokasi air terjun sebelumnya hanya dijadikan jalan oleh warga sekitar menuju ladang masing-masing. Lama kelamaan warga menyadari bahwa Kedung Pedut berpotensi sebagai tempat wisata. Oleh karena itu, bersama pemerintah setempat, warga bahu membahu untuk menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Jogja.

    Salah satu pengelola mengatakan bahwa keindahan air terjun akan semakin menjadi-jadi setelah hujan deras pada malam harinya. Jika musim kemarau datang, debit air yang jatuh tidak terlalu besar. Jadi bagi kamu yang ingin menikmati keindahan di sini secara maksimal, lebih baik datang ketika musim penghujan.

    Bisa Melakukan Apa Saja di Tempat ini?

    Kolam-kolam yang dibentuk oleh alam menjadi tempat favorit pengunjung untuk bermain air sepuasnya. Airnya begitu jernih sehingga ketika terkena cahaya matahari, cahaya itu akan mengalami pembiasan oleh percikan air terjun. Peristiwa itu dapat kamu kamu lihat dari kolam-kolam yang menjadi tempat tampungan air terjun.

    jam buka air terjun kedung pedut

    Instagram @luthfimiraj

    Kalau mau coba menguji adrenalin, kamu juga bisa melakukannya di sini. Pengelola juga sudah menyediakan fasilitas untuk bermain susur sungai, rappling, sliding, dan flying fox. Sudah tersedia juga jembatan bambu untuk berfoto-foto dahulu kemudian menceburkan diri ke kolam. Sebagai kolam yang terbentuk secara alami, tentu airnya bebas dari kaporit.

    Alamat dan Rute

    @fitriany_irene

    Air Terjun Kedung Pedut berada di Yogyakarta, tepatnya di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Bila berangkat dari pusat kota, kamu dapat memilih Jalan Godean. Manfaatkan saja motor yang bisa kamu sewa dari Omah Rental Jogja.

    Urutan rutenya adalah Demak Ijo, Pasar Godean, perbatasan Kulonprogo, perempatan Nanggulan, Pasar Kenteng, hingga sampai di Pegunungan Menoreh. Saat bertemu pertigaan, ambil arah menuju Goa Kiskendo.

    Setelah melewati Goa Kiskendo, kamu akan sampai di Pasar Jonggrangan dan bertemu pertigaan lagi. Ambil kiri sampai di pertigaan Grojogan Muda kemudian belok kiri lagi sampai bertemu papan bertuliskan Air Terjun Kembang Soka. Perjalanan masih harus dilanjutkan sampai bertemu pertigaan lagi dan ambil arah kiri. Jika sudah sampai di sini, kamu akan mulai menemui banyak papan penunjuk ke lokasi air terjun.

    Begitu sampai di Dusun Kembang, kamu bisa memarkir kendaraan sambil beristirahat sejenak. Setelah itu, untuk tepat sampai di lokasi, kamu masih harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 300 meter.

    Meski perjalanannya panjang dan melelahkan, di sekitar lokasi wisata ada banyak tempat untuk beristirahat. Saat sampai di tempat air terjun, kelelahan yang dialami selama perjalanan akan terbayar lunas. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga ada tempat wisata lain, seperti Taman Sungai Mudal. Wisata Alam Kalibiru, dan Curug Kembang Soka.

    Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

    Harga tiket masuknya tidak mahal, hanya Rp3.000 per orang. Sedangkan biaya parkir, hanya sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

    Di sini sudah tersedia berbagai, seperti toilet, gardu panjang, kursi, dan pancuran buatan. Sudah ada juga jembatan bambu untuk memudahkan akses menuju kolam.

    Sampai sini ulasan mengenai salah satu air terjun di Jogja, yaitu Air Terjun Kedung Pedut. Apakah kamu tertarik untuk menengok air terjun yang kolamnya memiliki dua warna ini?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *