Home » Wisata Alam Jogja » Liburan Seru di Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Liburan Seru di Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

    air terjun lepo dlingo bantul daerah istimewa yogyakarta 55783 indonesia

    Jogja menyimpan banyak wisata air terjun yang sayang untuk dilewatkan, khususnya ketika liburan. Salah satunya adalah Grojogan Lepo. Dengan keasrian alamnya, air terjun ini memang bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan pikiran. Berikut ini ulasan mengenai Grojogan Lepo atau Air Terjun Lepo Dlingo hanya untuk kamu.

    Jangan lupa, untuk mempermudah akses ke berbagai lokasi menarik ini, kamu lebih baik memakai kendaraan roda dua. Jasa Rental Motor Jogja siap membuat perjalanmu jadi mudah dan menyenangkan.

    Tentang Air Terjun Lepo Dlingo

    Air terjun yang sering disebut Air Terjun Ledok Pokoh ini sekilas tampak begitu mirip dengan Erawan Falls yang berada di Thailand. Kolam yang ada tidak hanya satu, melainkan terdapat 4 tingkat kolam untuk menampung air dari 3 air terjun.

    Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

    Instagram @jejakbayuubay

    Kolam pertama memiliki kedalaman kurang lebih 2 m. Kolam ini yang biasa dipakai orang dewasa untuk berenang.

    Menuju kolam kedua, sudah dibuat jalan setapak dan tangga dari batu di dekat air terjun. Kolam kedua adalah yang paling luas, namun tidak sedalam kolam pertama. Kedalamannya tidak mencapai satu meter. Di sekitar kolam terdapat tebing dan ceruk batu yang bagus untuk dijadikan tempat berfoto.

    Kolam ketiga merupakan yang paling dangkal dan bagian dasarnya dapat terlihat dari permukaan. Di sini terdapat tebing-tebing batu yang bentuknya menyerupai balok. Dari sini air masih mengalir menuju kolam keempat yang kedalamannya sama dengan kolam pertama, tetapi ukurannya lebih kecil.

    Karena berada di wilayah dataran tinggi, tentu udara di sekeliling terasa begitu sejuk. Ini akan membuat kamu rileks dan ingin berlama-lama di sini. Ditambah pepohonan rindang di sekitar air terjun, tentu akan membuat kamu bisa bernapas lebih lega

    Namun, sebaiknya kamu datang ketika musim panas. Saat itu kamu bisa menemukan airnya berwarna kebiruan dan volumenya tidak terlalu besar. Kondisi ini sangat ideal untuk berenang dan bermain air sepuasnya. Memasuki musim penghujan, kolam-kolam akan menjadi lebih keruh. Debit air yang mengalir juga lebih besar, sehingga harus bisa saja terjadi peningkatan volume air.

    Fasilitas yang Tersedia

    Air Terjun Lepo Dlingo dibuka sebagai tempat wisata Jogja sejak tahun 2013. Tidak heran jika fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap.

    air terjun lepo dlingo bantul daerah istimewa yogyakarta 55783 indonesia

    Instagram @fransisca_joestin

    Jika lapar, sudah ada banyak warung makan dengan beragam menu yang enak. Kalau mau mandi, ganti baju, atau buang air, sudah tersedia kamar mandi. Selain itu, di sini juga terdapat aula untuk tempat beristirahat dan tempat menyewa pelampung serta tikar.

    Untuk Anda yang akan beribadah, sudah disediakan mushola di sini. Tempat parkir yang ada pun cukup luas untuk menampung kendaraan dari wisatawan.

    Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo

    Alamat air terjun ini berada di Dusun Pokoh I, Desa Dlingo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini masih satu desa dengan Kebu Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, dan Puncak Becici. Kondisi jalan menuju lokasi terbilang aman dan lancar, sampai kamu mencapai Desa Dlingo. Saat sudah sampai di situ, kamu bisa tanya kepada warga sekitar arah menuju air terjun. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 1,5 jam.

    Untuk moda transportasi, menggunakan motor bakalan lebih leluasa menempuh perjalanan. Kamu bisa sewa motor di Omah Rental Motor Jogja. Rute yang dapat dilalui sebagai berikut.

    Jika berangkat dari Terminal Giwangan, ambil jalan menuju arah selatan (Jl. Imogiri Timur). Terus saja ikuti jalan ini sampai bertemu Pasar Dlingo. Perjalanan terus dilanjutkan sampai bertemu dengan Dusun Pokoh 1. Kendaraan yang dibawa biasanya diparkirkan di sini. Perjalanan menuju air terjun akan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

    Harga Tiket Masuk

    Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, yakni Rp6.000 setiap orangnya. Biaya parkirnya yaitu Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jika ingin menyewa fasilitas lain, seperti tikar dan pelampung, biayanya sebesar Rp10.000.

    Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika berwisata ke Air Terjun Lepo Dlingo ini. Kolam yang memiliki kedalaman 2 meter hanya untuk orang dewasa. Sedangkan 3 kolam lain dapat digunakan untuk berenang anak-anak. Batu-batu yang ada di sekitar air terjun cukup licin. Agar lebih aman, sebaiknya memakai sandal gunung yang dapat dikaitkan di kaki. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan. Sekian.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *