Home » Wisata Alam Jogja » Mau Berlibur ke Jogja? Coba Kunjungi Air Terjun Sri Gethuk

Mau Berlibur ke Jogja? Coba Kunjungi Air Terjun Sri Gethuk

tiket masuk air terjun sri gethuk

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar atau membaca kata gethuk? Mungkin terbayang salah satu olahan berbahan dasar singkong yang biasanya disandingkan dengan parutan kelapa ya. Namun gethuk yang akan dibahas kali ini adalah sebuah air terjun. Ya, Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat wisata Jogja ini merupakan salah satu dari sekian air terjun di Jogja yang diminati wisatawan yang sudah kami ulas. Untuk tahu selengkapnya, simak terus sampai akhir.

Mengenal Air Terjun Sri Gethuk dan Mitosnya

Banyak yang mengaitkan antara Air Terjun Sri Gethuk ini dengan Grand Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Perwajahan tempat ini dikabarkan memiliki kemiripan dengan Grand Canyon yang sudah mendunia itu. Tentunya suasana di air terjun ini sangat asri dan cocok dikunjungi untuk menyegarkan pikiran.

mitos air terjun sri gethuk

Instagram @efraniefranys

Nama Gethuk sendiri bukan merujuk pada olahan berbahan dasar singkong yang selama ini dikenal. Nama tersebut berasal dari sebuah legenda. Kabarnya, dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan Kethuk. Kethuk merupakan alat musik khas Jawa dan dimiliki oleh makhluk bernama Jin Anggo Meduro. Air terjun ini juga memiliki nama lain, yakni Slempret.

Terdapat tiga sumber mata air yang bersatu membentuk air terjun ini, yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber itu menjadi satu dan mengalir, membentuk bulir air yang jatuh dari atas tebing karst yang tandus.

Keindahan yang Tersimpan dalam Sri Gethuk

Di tempat ini, terdapat susunan rapi bebatuan yang membentuk undakan di bawah air seperti tepi kolam renang eksekutif. Ketika terik, cahaya matahari yang jatuh ke sungai seringkali membentuk pelangi di sungai tersebut. Menariknya lagi, meski memasuki musim kemarau, debit air relatif tetap. Jadi tidak akan mengurangi keseruan yang akan kamu dapatkan jika kamu ke sini saat musim kemarau.

tiket masuk air terjun sri gethuk

Instagram @jlacombe5049

Air yang jatuh dari tebing ditampung oleh sebuah sungai bernama Sungai Oya. Meski terus dihujani oleh air terjun, arus sungai tetap relatif tenang. Air yang begitu jernih membuat dasar sungai tampak jelas dari permukaan. Sungai Oya ini merupakan salah satu pintu gerbang yang harus dilalui sebelum sampai di Curug Sri Gethuk.

Untuk menuju air terjun, kamu dapat berjalan kaki melalui persawahan atau melalui anak tangga menuju dermaga di tepi Sungai Oya. Sesampainya di Sungai Oya, kamu akan menemui banyak perahu disediakan untuk mengakut 7-8 penumpang setiap perahunya.

Perjalanan dari Sungai Oya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Bila kamu sudah mendengar suara air yang berjatuhan, itu menunjukkan Air Terjun Sri Gethuk sudah dekat. Tidak perlu diragukan lagi, pemandangan yang dihadirkan begitu indah. Sangat sayang tentunya jika tidak diabadikan melalui lensa kamera.

Alamat dan Rute yang Dapat Dilalui

Air terjun ini beralamat di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Di sekitarnya juga ada tempat wisata lain, seperti Pantai Nglambor, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Goa Pindul.

Dari pusat kota, ada dua rute atau jalan menuju air terjun yang dapat dilalui. Pertama, melalui Jl. Majapahit kemudian ikuti saja jalan besar ke arah Wonosari sampai bertemu Pertigaan Gading. Setelah itu belok kanan melewati pusat kecamatan Playen sampai bertemu pertigaan lagi di jalan menuju Bleberan. Di tempat ini sudah disediakan petunjuk jalan menuju air terjun sehingga akan sangat membantu. Untuk lebih leluasa, kamu bisa menggunakan motor yang bisa kamu sewa dari Omah Rental Motor Jogja.

Kedua, melalui Jalan Imogiri Barat, menuju Panggang, lalu Paliyan, Playen, dan sampailah di Bleberan. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk jalan yang disediakan ya.

Berapa Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk?

Biaya masuk ke air terjun ini sangat terjangkau. Cukup dengan membayar Rp.7000 per orang, keindahan air terjun sudah dapat kamu nikmati sepuasanya. Untuk menyewa perahu, akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Mengingat keindahan pemandangan alam yang disuguhkan di sini, harga ini tentu saja terjangkau.

Sampai sini ulasan mengenai Air Terjun Sri Gethuk, Grand Canyon dengan kearifan lokal yang berada di Yogyakarta. Semoga bisa menjadi salah satu referensi Anda ketika berlibur ke Jogja ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *