Alun-Alun Kidul Jogja, Tempat Tongkrongan Asik, Murah dan Sarat Makna

Alun-Alun Kidul Jogja atau alun-alun selatan merupakan sebuah tanah lapang yang berada di sebelah selatan kraton. Pada zamannya, alun-alun yang dikenal juga dengan sebutan alkid ini difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan kegiatan massal. Seperti halnya tempat untuk melatih ketangkasan berkuda para prajurit kraton, memanah dan latihan perang dan lainnya.

Lain dulu lain sekarang, alkid kini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang digemari wisatawan terutama saat malam hari. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke objek wisata ini. Apa sajakah itu?

Kegiatan Seru Di Alun-Alun Kidul Jogja

Menjelang malam hari suasana alkid akan semakin indah dihiasi warna-warni lampu hias. Tidak heran jika semakin malam, alun-alun ini akan semakin ramai pengunjung. Selain duduk-duduk santai menikmati indahnya malam, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru berikut ini:

1) Menaiki Sepeda Tendem dan Odong-Odong

alun alun kidul yogyakarta wikipedia

Instagram @VertikalTrip

Salah satu kegiatan yang menarik para pengunjung yaitu menaiki sepeda tendem dan odong-odongnya yang sudah dihiasi dengan lampu warna-warni. Namun untuk bisa berkeliling dengan transportasi ini, kamu harus merogok kocek sekitarRp30.000 – Rp50.000 untuk hari biasa dan Rp75.000 – Rp100.000 untuk hari libur.  Satu buah odong-odong dan sepeda tendem bisa memuat 4 orang sampai 8 orang.

2) Melakukan Masangin

Masangin atau masuk diantara dua beringin menjadi salah satu mitos di Alun-Alun Kidul Jogja. Konon katanya siapa saja yang bisa melewati dua pohon beringin di tengah alun-alun, maka semua hajat atau keinginannya akan terpenuhi. Sejarah masangin ini bermula dari ritual setiap malam 1 suro atau disebut juga topo bisu mubeng beteng. Dalam ritual ini setiap orang dilarang bersuara dan harus melewati ringin kurung.

Ringin kurung merupakan dua buah pohon beringin yang berada di tengah alun-alun. Konon katanya diantara dua pohon beringin tersebut terdapat rajah sebagai penolak bala. Setiap orang yang memiliki hati bersih akan mampu melewati pohon tersebut, namun sebaliknya jika Ia memiliki hati yang jahat maka Ia tidak akan bisa melewatinya. Kok bisa ya? Penasaran, bukan? Nah, kamu juga bisa melakukan masangin dengan menyewa penutup mata dengan harga Rp5.000 saja.

3) Wisata Kuliner

Setelah lelah berkeliling, kamu bisa duduk santai sembari menikmati beberapa kuliner yang tersedia di alun-alun. Seperti angkringan, jagung bakar, minuman khas, wedang ronde, es goreng, bajigur, dan lain-lain. Ada juga cafe di alun-alun kidul Jogja yang bisa kamu kunjungi, seperti pendopo lawas, kopi walik, kedai kopi margomulyo dan lainya. Beberapa cafe buka sampai jam 00.00 WIB, tapi ada juga yang buka 24 jam.

4) Menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit

Pada waktu tertentu di Sasono Hinggil Dwi Abad mengadakan pagelaran wayang kulit. Dan jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikannya. Selain itu, menjelang upacara grebeg, kamu juga bisa menyaksikan proses gladi resik prajurit kraton untuk upacara grebeg.

Lokasi dan Rute Alun-Alun Kidul Jogja

kuliner alun alun kidul jogja

Instagram @damarprasetyo_

Objek wisata ini berada di Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Jogja hanya sekitar 1,7 km atau sekitar 5 menit saja menggunakan motor. Untuk memudahkan perjalanan, kamu bisa menggunakan Jasa Rental Motor Jogja. Lokasi Alun-Alun Kidul Jogja juga berdekatan dengan Titik Nol Kilometer, sehingga kamu bisa sekaligus berkunjung ke Titik Nol Kilometer dalam sekali jalan.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Objek Wisata Terdekat

Untuk menikmati keindahan alkid, kamu hanya perlu membayar biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Murah bukan? Alun-alun kidul juga menawarkan fasilitas yang cukup nyaman seperti, warung makan dan minum, tempat parkir, toilet umum, dan lokasinya strategis dengan penginapan atau hotel.

Saat berkunjung ke alkid, kamu juga bisa sekalian mampir ke objek wisata sejarah seperti istana taman sari, kraton Yogyakarta, plengkung gading, malioboro dan yang lainnya.

Sebelum memutuskan untuk berlibur sebaiknya kamu menjaga kesehatan agar tetap bugar, agar liburanmu di  alun-alun kidul Jogja semakin menyenangkan.