Meski Jogja identik dengan budaya jawa, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukan tempat wisata modern. Pada kenyataannya, wisata modern cukup banyak dan menarik. Salah satu tempat wisata modern yang berbasis wahana air adalah Balong Waterpark. Seperti apa tempatnya, berikut ulasannya.

Beragam Kolam di Balong Waterpark

Apa saja wahana yang ada di Balong Waterpark Yogyakarta? Ini mungkin akan kamu tanyakan sebelum memastikan diri untuk mengunjungi waterpark. Balong memiliki kolam dewasa dan kolam balita. Masing-masing kolam memiliki wahana berbeda.

  • Kolam Balita

Kolam ini diperuntukkan bagi anak-anak. Kedalaman kolam hanya 50 cm. Lokasinya berada setelah pintu masuk. Terdapat berbagai macam bentuk perosotan di sana, juga ember tumpah yang mendebarkan. Di bagian tepi, orangtua bisa menunggu di gazebo seraya memperhatikan anak-anak bermain air.

Balong waterpark

Instagram @sitikhamiyah

  • Kolam Dewasa

Kolam dewasa ini bisa dikatakan menjadi kolam utama di Balong Waterpark. Bentuknya hanya kolam renang tanpa memiliki wahana. Dengan begitu, suasana kolam renang ini cenderung lebih nyaman untuk menikmati aktivitas renang itu sendiri, atau malah belajar berenang.

  • Kolam Perosotan

Kolam perosotan ini adalah tempat wahana bermain yang bisa kamu nikmati. Kolam ini bersambung dengan kolam dewasa. Sebagai pembatas, kamu akan menemukan semacam pulau kecil bergazebo di bagian tengah. Tepi kolam dan pulau tersebut dihubungkan oleh jembatan kecil.

Berbagai Wahana di Balong Waterpark

Bisa dibilang, wahana di Balong Waterpark tidak terlalu banyak. Meski begitu, tidak akan menyesal  kok berkunjung ke tempat ini untuk menikmati liburan bersama keluarga. Wahana-wahana yang ada di waterpark ini adalah:

  • Water Coaster

Water coster merupakan perosotan dengan bentuk spiral. Meluncur di water coster, kamu akan dibawa turun ke bawah dengan kecepatan 60 km/jam. Tentu ini menegangkan bagi banyak orang. Karena itu, pastikan terlebih dahulu kondisimu benar-benar sehat sebelum mencoba wahana ini.

Water coster memiliki variasi ketinggian. Kamu bisa memilih meluncur dari ketinggian 9 meter dan berkelok pada 7 titik. Atau bisa juga meluncur dari ketinggian 12 meter. Namun lagi-lagi kamu harus benar-benar memastikan bahwa kondisimu sehat.

  • Perosotan Lurus

Perosotan ini memiliki tinggi 7 meter saja. Panjang pintasannya sekitar 15 meter. Kamu bisa mencobanya secara berpasangan. Sebab, pintasan seluncur tidak hanya satu, tetapi dua. Sehingga pengunjung bisa berlomba dengan teman atau saudara meluncur dengan perosotan lurus ini.

  • Ember Tumpah

Balong waterpark

Instagram @intane_pertiwie

Wahana ini adalah wahana yang menjadi pelengkap di bagian kolam renang anak. Wahana ini merupakan ember yang terus terisi air. Ketika air penuh, maka ember akan tumpah. Di sinilah pengunjung akan diguyur seember besar air setelah menunggu-nunggu kapan ember ini akan tumpah.

Jam Buka dan HTM Balong Waterpark

Pada hari biasa, Balong Waterpark baru buka pada pukul 10.00. Namun pada hari Minggu serta hari libur nasional, pukul 08.00 waterpark sudah dibuka. Nanti pada pukul 18.00 waterpark yang dekat dengan ini baru akan tutup. Harga tiket masuk hanya dikenakan pada hari biasa hanya Rp15.000 saja. Sedang pada Hari Minggu serta hari libur, harga tiket masuk menjadi Rp20.000.

Lokasi wahana air ini tak jauh dengan Galaxy Waterpark. Kamu bisa baca dulu ulasan kami tentangnya. Menikmati dua wahana air di Jogja ini pasti seru banget.

Fasilitas Waterpark

Tempat parkir yang disediakan cukup luas. Tersedia loker yang disewakan hanya dengan Rp3.000. Mushala dan kamar mandi cukup terawat. Tempat untuk membeli makanan serta gazebo juga ada. Kamu bahkan tidak dilarang membawa makanan dan minuman sendiri ke dalam waterpark di Banguntapan Bantul ini. Demikian ulasan tentang Balong Waterpark. Soal transportasi untuk menempuh rute ke Balong Waterpark bisa dengan memanfaatkan jasa rental motor Jogja murah. Nah, sudah siap untuk melancong bukan?

Pin It on Pinterest