Siapa sih yang tidak pernah mendengar tentang Candi Borobudur? Meskipun sudah tidak lagi masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia, bukan berarti candi Buddha terbesar ini sudah kehilangan pesonanya. Cerita seperti apa di balik sejarah berdirinya candi ini? Apa saja fasilitas yang ditawarkan? Dan, berapa harga tiket masuknya? Ini dia ulasannya.

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Sekedar info, saking terkenalnya candi ini, juga karena seringnya layanan paket wisata Jogja memasukkannya dalam daftar destinasi, sebagian ada yang mengira bahwa Borobudur adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Padahal, jelas lokasinya di Magelang.

Penamaan Borobudur berasal dari kata “Bara” di mana artinya adalah “kumpulan candi” dan “Budur” yang bermakna “di atas”. Jadi, Borobudur berarti kompleks candi yang berada di atas bukit, di mana mendeskripsikan dengan sempurna destinasi wisata terpopuler dari Jawa Tengah ini. Borobudur sendiri didirikan sekitar tahun 750 Masehi.

candi borobudur
Instagram @michele.poletto

Kompleks candi Buddha ini berdiri pada zaman Kerajaan Mataram Buddha oleh Raja Syailendra. Bagaimana bisa arsitektur candi terkonsep sedemikian indahnya masih menjadi pertanyaan hingga saat ini. Ditambah lagi dengan konsep pembangunannya yang memiliki makna mendalam. Candi Borobudur diketahui memiliki tiga lapisan yang menggambarkan filosofi kehidupan, yaitu kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu.

  • Kamadhatu merupakan alam dunia. Di area yang merupakan lapisan terluas kompleks Borobudur ini, terdapat banyak stupa yang berfokus menggambarkan hubungan sebab-akibat dalam kehidupan.
  • Rupadhatu adalah alam peralihan yang menggambarkan kehidupan manusia yang telah melepaskan semua urusan duniawi. Di sini, terdapat banyak relief Buddha sebagai bentuk komitmen tertinggi atas pelepasan dengan hal-hal yang berbau dunia.
  • Arupadhatu yaitu alam akhirat atau kahyangan yang dianalogikan dengan tiga serambi menghadap stupa tertinggi. Tidak ada hiasan ataupun ornamen yang menggambarkan kesederhanaan dan kemurnian.

Setelah Mataram runtuh dan nusantara jatuh ke tangan kolonial, kompleks Borobudur sempat terbengkalai. Hal itu diperparah posisinya yang berada di dalam hutan. Baru pada sekitar 1814, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles menemukan dan mulai memugarnya. Saat ini, areal tersebut mendapat jadwal peremajaan secara berkala agar konturnya tetap terjaga baik.

Fasilitas dan Daya Tarik Borobudur

Apa saja sih fasilitas Candi Borobudur yang disediakan untuk wisatawan saat ini? Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di mana dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain taman bermain anak, toilet, tempat ibadah, dan deretan hotel serta restoran yang bersifat akomodatif. Kelengkapan fasilitas ini menjadi poin tersendiri.

Sunrise candi borobudur
Instagram @travelbloggeres

Sementara dari segi hiburan, banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan jika berkunjung ke sana. Seperti menikmati matahari terbit dan tenggelam yang cantik, berkeliling area kompleks candi dengan menaiki gajah, berkeliling naik sepeda, atau menumpangi kereta kelinci. Sekitar Candi Borobudur juga telah dipastikan ramah anak sehingga mereka bisa bermain dengan bebas sewa motor jogja

Pada hari raya umat Buddha, biasanya di Borobudur akan digelar pesta rakyat. Masyarakat umum diperbolehkan untuk menikmati acara, hanya saja saat sembahyang sedang berlangsung, diharapkan untuk menjaga ketertiban. Selain sembahyang, biasanya diadakan pula acara-acara kesenian tradisional. Tidak hanya diikuti pemeluk Buddha domestik, namun dari manca negara pun acap kali berpartisipasi.

Detail Tarif Tiket Masuk Kompleks Borobudur

Seperti tarif masuk situs candi lainnya di area Jawa Tengah, pengunjung yang datang ke Borobudur dikenakan biaya Rp40.000,- per orang untuk usia 10 tahun ke atas. Sedangkan di bawahnya dikenakan tarif Rp20.000,- setiap anak. Tarif itu berlaku untuk wisatawan domestik, sedangkan turis mancanegara harus membayar 2x lipat.

Selain menikmati gagahnya Candi Borobudur langsung di lokasi Candi, kamu juga bisa sekalian mampir ke Punthuk Setumbu. Dari sana kamu bisa melihat pesona lain dari Candi Borobudur ini. Cek saja ulasan dan harga tiket ke Punthuk Setumbu yang sudah kami tulis. Urusan perjalanan, dari Jogja kamu bisa menyewa kendaraan di Rental Motor Jogja Murah ataupun naik bis.