Home » Tempat Wisata di Yogyakarta » Yuk, Eksplorasi 5 Candi di Jogja Terpopuler Ini!

Yuk, Eksplorasi 5 Candi di Jogja Terpopuler Ini!

5 candi di jogja

Mengeksplorasi situs-situs bersejarah zaman pra-proklamasi mungkin bisa menjadi alternatif liburan kamu yang akan datang. Sekilas mungkin terdengar membosankan, tapi kalau sudah mengunjungi 5 candi di Jogja berikut ini, dijamin kamu tidak akan menyesal. Sebab, di candi-candi berikut, kamu tidak sekadar mempelajari sejarah, tapi juga bisa melakukan banyak aktivitas lainnya.

Daftar Destinasi Wisata Candi Terpopuler di Jogja

Bukan rahasia lagi kalau Yogyakarta memiliki banyak situs bersejarah yang eksotis, di antaranya adalah deretan candi yang kini difungsikan sebagai tempat wisata Yogyakarta. Candi apa saja sih yang tidak boleh sampai terlewatkan saat berkunjung ke daerah istimewa itu?

1. Candi Prambanan

Nama candi yang satu ini tentunya sangat familier. Candi yang satu ini juga tidak pernah habis dibandingkan dengan Candi Borobudur. Bedanya adalah Borobudur identik dengan candi untuk agama Buddha, sedangkan Prambanan merupakan candi terbesar pemeluk keyakinan Hindu. Lebih tepatnya, kompleks candi ini merupakan tempat peribadatan untuk pemujaan Dewa Siwa.

5 candi di Jogja

Instagram @adjieharyadi

Candi dengan nama lain Candi Roro Jonggrang ini, menerapkan tarif tiket masuk sebesar Rp40.000,- per pengunjung. Menjadi salah satu dari 5 candi di Jogja yang terpopuler, banderol tersebut tergolong masuk akal. Apalagi kini di kawasan Candi Prambanan sudah tersedia playground anak, wahana kereta kelinci, hingga deretan penjaja kuliner street food.

2. Candi Plaosan

Candi yang satu ini terdiri dari dua buah candi utama di bagian Lor (Utara) dan Kidul (Selatan), yang secara struktur sangat mirip layaknya kembar. Selebihnya, terdapat 50 buah candi-candi kecil pelengkap (perwara) dan 116 stupa. Panorama di sekitar candi sangat cantik karena di sisinya terdapat sebuah danau yang cukup luas.

Candi Plaosan

Instagram @salmasholeha

Jika kamu berkunjung ke sini, tidak perlu khawatir harus merogoh kocek cukup dalam. Banderol untuk tiket masuknya cuma Rp10.000,- saja per orang. Pada waktu-waktu tertentu, akan dilakukan upacara sembahyang di mana wisatawan diperbolehkan untuk menyaksikan secara langsung. Dan satu tahun sekali akan digelar pesta rakyat dengan penampilan tarian-tarian tradisional sewa motor jogja

3.      Candi Ratu Boko

Bagi kamu yang pernah menyaksikan film mega hit Ada Apa Dengan Cinta 2, pasti tidak asing dengan candi yang menjadi salah satu lokasi syutingnya ini. Popularitas salah satu dari 5 candi di Jogja terpopuler ini membuat biaya tiket masuknya cukup tinggi, yaitu Rp40.000,- per orang.

Fasilitas yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Candi Prambanan seperti taman bermain khusus anak dan kereta kelinci. Tapi, spot-spot di Candi Ratu Boko disiapkan sedemikian rupa sehingga memiliki banyak titik instagramable untuk tempat berfoto, terlebih saat momen matahari tenggelam. Tidak mengherankan jika sampai masuk daftar 5 candi di Jogja terfavorit.

4.      Candi Kalasan

Kalau mencari destinasi wisata candi yang murah meriah, maka Candi Kalasan adalah jawabannya. Meskipun tidak banyak pilihan hiburan, tapi berkeliling di kawasan candi sudah cukup menyenangkan. Pengunjung hanya ditarik biaya Rp5.000,- per orang untuk mengeksplorasi candi umat Buddha ini. Sayangnya dari pemugaran belum sempurna sehingga beberapa candi perwaranya rusak parah.

5.      Candi Ijo

Lokasi candi yang berada di puncak bukit ini membuatnya memiliki daya tarik berbeda dari situs-situs lain di Yogyakarta. Panoramanya cantik dan udaranya pun lebih sejuk. Selain itu, tarif tiket masuk yang ditetapkan pun sangat murah, yakni Rp5.000,- saja per pengunjung. Panorama terbaik yang bisa didapatkan adalah momen sunrise dan sunset.

Kamu bisa mengunjungi semua candi dalam daftar 5 candi di Jogja terpopuler di atas atau memilih salah satu. Soal transportasi, kamu bisa manfaatkan layanan rental motor murah Jogja.  Mengeksplorasi destinasi-destinasi bersejarah seperti ini tidak hanya akan menghibur, namun juga dapat mengedukasi, sehingga baik untuk anak-anak pada usia sekolah. Jadi, mana candi incaranmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *