Wisata goa di Jogja menjadi bagian dari destinasi wisata menarik yang patut kamu kunjungi ketika berlibur. Pasalnya, Jogja memang terkenal memiliki objek wisata alam yang indah dan beragam termasuk juga destinasi wisata goa. Bahkan dari setiap destinasi wisata goa ini mempunyai keunikan masing-masing. Mulai dari lokasi, kedalaman, panjang dan aktifitas yang bisa dilakukan di dalam goa.

Selain itu, setiap tempat wisata di Jogja ini juga memiliki eksotisme dan mitos yang sangat khas. Namun dari sekian banyak destinasi wisata goa di Jogja, setidaknya ada 5 goa yang menjadi favorit wisatawan. Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Goa Kalisuci

goa di jogja - Goa kalisuci

Instagram @wiliargo

Goa Kalisuci menjadi salah satu destinasi wisata goa favorit wisatawan karena sangat memacu adrenalin. Khususnya bagi kamu yang menyukai aktifitas cave tubing. Selama melakukan cave tubing kamu akan melalui jeram-jeram lalu tracking sejauh 50-60 meter dengan kemiringan 45 derajat. Untuk menjelajahi Goa Kalisuci dibutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam. Kamu bisa mengunjungi Goa Kalisuci yang terletak di Semanu, kabupaten Gunung Kidul. Waktu terbaik berkunjung, yaitu saat musim kemarau. Harga tiket untuk cave tubing sebesar Rp80.000. Baca selengkapnya tentang Goa Kalisuci.

2. Goa Pindul

Aktifitas wisata favorit saat kamu berkunjung ke Goa Pindul, yaitu susur goa. Susur goa dilakukan melalui aliran sungai sepanjang lorong menggunakan ban besar untuk melihat ornamen bebatuan pada atap dan dinding goa. Goa pindul sering disebut dengan ‘the hidden paradise of Jogja’. Minimal 40-60 menit waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri Goa Pindul. Goa Pindul sendiri terletak di Karangmojo, kabupaten Bantul. Harga tiket retribusi masuk ke goa sebesar Rp35.000 per orang. Cek ulasan lengkap tentang Goa Pindul juga ya.

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Instagram @putrategaradi

Goa Jomblang menjadi salah satu dari wisata goa di Jogja yang favorit dikunjungi. Terutama ketika jam 10.00 hingga 13.00 waktu setempat. Hal tersebut karena pada jam tersebut sinar matahari masuk ke dalam goa seperti ‘cahaya surga’. Untuk bisa masuk ke dalam goa, kamu harus turun menggunakan tali sedalam 60 meter. Selain itu, Goa Jomblang menyimpan pohon purba yang hanya tumbuh di dalam goa. Goa Jomblang berada di kabupaten Gunung Kidul yanga berdekatan dengan goa lain seperti Goa Kalisuci. Harga paket masuk goa sebesar Rp450.000. Cek juga ulasan lengkapnya untuk Goa Jomblang.

4. Goa Cerme

Goa Cerme memiliki kedalaman sebesar 1,5 kilometer yang bisa ditempuh melalui 759 anak tangga. Di dalam goa terdapat air terjun sehingga lantai goa tergenang air setinggi 1 – 1,5 meter. Goa Cerme terkenal dengan adanya panggung pertemuan yang dilengkapi alat musik gamelan. Selain itu juga terdapat pelungguhan atau paseban dan gedung sekakap yang menjadi pertemuan Walisongo. Kamu bisa mengunjungi Goa Cerme yang berada di kabupaten Bantul atau sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja. Harga tiket masuk sebesar Rp2.500 untuk setiap orang.

5. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo berada di Girimuly, kabupaten Kulonprogo. Goa ini dikenal karena mitos yang beredar di tengah masyarakat. Terlebih goa ini juga menjadi salah satu goa yang disakralkan. Berdasarkan cerita yang beredar, Goa Kiskendo menjadi lokasi tempat tinggal dua raksasa. Bahkan terdapat ukiran pada batuan di sepanjang lorong goa yang mengisahkan kehidupan dua raksasa tersebut. Kamu bisa menikmati keindahan relief dua raksasa ini sepanjang 1 kilometer. Harga tiket masuk tidak dipatok resmi tetapi jasa pemandu dikenai biaya Rp40.000.

Itulah ulasan terkait wisata goa di Jogja yang menjadi favorit wisatawan. Kamu bisa mengunjungi destinasi wisata goa ini secara beramai-ramai. Sebaiknya persiapkan stamina tubuh dan kesehatan dalam kondisi yang prima. Terutama jika berniat melakukan aktifitas yang memacu adrenalin. Untuk urusan transportasi, jika kamu lebih nyaman pakai roda dua, maka manfaatkan saja jasa Rental Motor Jogja yang sudah dipercaya banyak wisatawan.

Pin It on Pinterest