Goa Kalisuci merupakan tempat wisata alam Goa di Jogja yang sering menjadi salah satu tempat untuk uji adrenalin. Di sini, kamu bisa melakukan susur goa sekaligus susur sungai. Apalagi goa ini juga memberikan pesona alam berupa bukit karst yang menakjubkan. Mulai dari area terang yang tidak terlindungi atap goa hingga area lorong goa yang gelap. Kamu juga harus menuruni tangga berupa tebing bebatuan yang agak curam dan terjal untuk bisa sampai ke dasar goa. Lalu di dasarnya, terdapat sungai dengan kedalaman sekitar 2-3 meter.

Pesona Goa Kalisuci

Bukit Karst

Goa Kalisuci

Instagram @visit_indonesian

 

Pesona bukit karst di Goa Kalisuci memang tidak ada tandingan. Permukaan bukit karst memiliki bentukan depresi runtuh yang membentuk goa-goa vertikal. Selain itu, ada juga yang berbentuk kerucut. Keunikan fenomena alam ini tidak hanya pesona bukit karst. Goa Kalisuci juga mempunyai aliran sungai bawah tanah yang tersambung satu sama lain pada kawasan karst di Gunung Kidul. Keindahan Goa Kalisuci juga semakin bertambah berkat adanya stalaktit dan stalakmit.

Susur Sungai dalam Goa Kalisuci

sejarah goa kalisuci

Instagram @rinaldisetiawan

Goa Kalisuci memberikan fasilitas yang aman untuk melakukan susur goa. Susur goa ini tergolong unik karena sekaligus dilakukan dengan susur sungai. Pihak pengelola wisata juga menyediakan alat keselamatan khusus seperti perahu karet, helm pengaman, pelampung dan tali. Kamu tidak perlu khawatir karena aliran sungai ini cukup tenang. Kedalaman sungai juga hanya sekitar 2-3 meter. Meskipun demikian kamu juga tetap perlu berhati-hati. terlebih bagi kamu yang tidak bisa berenang.

Hanyut Bersama Aliran Sungai

Goa Kalisuci mempunyai aliran sungai bawah tanah yang saling sambung menuju Luweng Senglat, Luweng Geleng, hingga Goa Mburi Omah. Kamu bisa ikut terhanyut bersama aliran sungai dengan jarak tempuh sekitar 600-700 meter. Jarak tempuh tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Itu berarti kamu akan hanyut bersama aliran sungai selama 2 jam. Tidak hanya terombang-ambing bersama aliran sungai, kamu juga bisa berhenti sejak untuk berfoto. Selain itu, kamu juga akan merasakan sensasi petualangan di lorong goa yang gelap.

Lokasi dan Rute Perjalanan

harga cave tubing kalisuci 2019

Instagram @elisabetapriani

Goa Kalisuci Jogja berada di padukuhan Jetis Wetan. Lokasi secara administratif di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Setidaknya, kamu bisa menempuh jarak sekitar 12 kilometer dari Wonosari atau 60 kilometer dari Jogja. Rute arah dari Jogja sekitar 2 jam. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Pilih saja arah jalan menuju alun-alun Wonosari. Kemudian menuju ke jembatan Jirak Semanu lalu belok kanan ke Pasar Semanu. Beberapa saat kemudian, kamu akan sampai di lokasi wisata.

Jika ingin menempuh rute ke Goa Kalisuci ini menggunakan sepeda motor, sebaiknya kamu menyewa di Omah Rental Motor Jogja saja. Selain murah dan terpercaya, unit motornya pun terawat dengan baik. Sehingga andal untuk perjalanan ke tempat wisata Jogja manapun.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga retribusi masuk tergolong cukup murah sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu tersedia paket wisata susur goa dan susur sungai dengan biaya sebesar Rp70.000 per orang. Paket wisata tersebut bisa didapatkan dengan anggota minimal berjumlah 5 orang. Jika rombongan kamu kurang dari itu maka kamu harus rela ikut bersama rombongan wisatawan lain. Jam buka kawasan wisata pada pukul 08.00-16.00 waktu setempat. Fasilitas umum yang tersedia juga cukup lengkap. Misalnya, toilet, warung makan dan tempat parkir.

Itulah ulasan terkait Goa Kalisuci yang patut kamu kunjungi. Baca juga ulasan tentang Goa Jomblang yang lokasinya tak jauh dari sini. Waktu paling tepat untuk berkunjung, yaitu pada musim kemarau. Hal tersebut karena saat musim kemarau aliran sungai bawah tanah sangat stabil dan aman. Berbeda jika saat musim hujan, aliran sungai bawah tanah bisa berbahaya. Bahkan kawasan wisata bisa tidak beroperasi karena aliran sungai menjadi lebih dalam dan deras.

Pin It on Pinterest