Goa Pindul Jogja, Sensasi Susur Gua yang Aman dan Nyaman

    Goa Pindul Jogja, Sensasi Susur Gua yang Aman dan Nyaman 1

    Goa Pindul Jogja – memang sering menjadi perbincangan para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Apalagi, bagi kamu yang gemar menjelajah ke objek wisata alam. Pasalnya, Goa Pindul memberikan sensasi susur goa yang menyenangkan. Bahkan sudah ditunjang oleh berbagai fasilitas yang aman dan nyaman. Maka, tidak heran jika Goa Pindul termasuk tempat wisata Jogja yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

     

    tiket masuk goa pindul Jogja

    Instagram @oeloem_14

    Keistimewaan Goa Pindul Jogja

    Goa Alami dari Jutaan Tahun Lalu

    Sebagai warga negara Indonesia, kamu patut berbangga. Hal tersebut karena Goa Pindul berada di urutan ke-4 dunia yang memiliki stalaktit terbesar. Stalaktit ini diperkirakan sudah terbentuk dari jutaan tahun yang lalu. Bahkan sejarah Goa Pindul juga lekat dengan legenda yang ada di tengah masyarakat. Legenda ini menceritakan lubang goa yang diakibatkan oleh injakan kaki dari Ki Juru Mertani. Ki Juru Mertani merupakan salah satu utusan dari panembahan senopati. Di bawah lubang tersebut mengalir arus air yang jernih.

    Susur Goa dengan Cave Tubing

    Aktifitas paling populer dari Goa Pindul, yaitu susur goa. Susur goa bisa dilakukan dengan istilah cave tubing. Istilah ini dikenal sebagai aktifitas menyusuri bersama aliran sungai menggunakan ban besar atau pelampung. Cave tubing dilakukan pada aliran sungai dengan arus air cukup tenang. Tentu saja ban besar dan pelampung yang digunakan sudah aman dan sesuai standar internasional. Selain itu, kamu juga akan ditemani oleh pemandu yang profesional dari awal hingga selesai melakukan susur goa.

    sejarah goa pindul

    Instagram @goapindul_repost

    Zonasi di Goa Pindul Jogja

    Goa Pindul memang sudah teruji mampu memberikan liburan yang mengasikan. Selain susur goa, kamu akan diajak menikmati eksotisme lorong di dalam goa. Setidaknya ada 3 zona yang bisa kamu nikmati. Pertama, zona terang yaitu zona yang berada di awal lorong goa. Kedua, zona remang yaitu zona yang berada di dekat ujung lorong goa sehingga masih terkena sinar matahari. Ketiga, zona gelap yaitu zona yang terdalam sehingga sinar matahari tidak sampai. Zona gelap menjadi zona yang paling mengesankan dan menegangkan.

    Baca juga :  Gunung Api Purba Keruk Gunungkidul Spot Sunrise Langka di Jogja

    Lokasi dan Rute Perjalanan

    tiket masuk goa pindul

    Instagram @goapinduljogjakarta.id

    Goa Pindul berada di Gunung Kidul. Tepatnya, di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Jogja. Kamu perlu menempuh jarak sekitar 7 kilometer dari Wonosari atau sekitar 2 jam dari Jogja untuk mencapai Goa Pindul. Rute perjalanan dari Wonosari bisa dimulai dari tugu batas kota. Kemudian jalankan kendaraan menuju perempatan Grogol. Setelah itu, kamu bisa bertanya pada supir ojek untuk sampai ke Goa Pindul. Jika kamu tidak mau repot maka pilih saja jasa travel Goa Pindul.

    Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

    Saat berkunjung ke Goa Pindul Jogja, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Biaya tiket masuk tersebut digunakan oleh pengelola untuk memperbaiki prasarana menuju dan di sekitar Goa Pindul. Jam operasional Goa Pindul, yaitu 06.30 hingga 17.00 waktu setempat.

    Beberapa fasilitas penting yang tersedia seperti kebutuhan cave tubing, toilet, area parkir hingga tempat ibadah. Selain itu, ada juga paket wisata menarik dengan pemandu dan perlengkapan yang aman. Untuk perjalanan lebih cepat, kamu bisa memakai sepeda motor yang bisa kamu sewa dari sewa motor jogja murah

    Itulah ulasan terkait Goa Pindul Jogja yang terletak di Jogja. Kamu bisa mengunjungi destinasi wisata goa ini secara beramai-ramai dengan keluarga atau teman agar lebih seru. Kamu juga perlu membawa baju ganti untuk digunakan setelah melakukan cave tubing atau susur goa. Selama berkunjung, sebaiknya gunakan kamera anti air atau manfaatkan plastik pelindung pada ponsel. Setelah puas bermain di Goa Pindul, kamu juga bisa lanjut berwisata ke Goa Jomblang yang terletak pada kabupaten yang sama.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *