Jangan Sampai Terlewatkan Serunya Jalan-jalan di Museum De Mata Jogja

Yogyakarta seolah tidak pernah kehabisan pesonanya. Museum De Mata Jogja merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang kini tengah menjadi salah satu primadona baru dari daerah tersebut. Jika kamu berpikir museum ini sama seperti lokasi-lokasi serupa, maka penilaian itu salah besar. Sebab, alih-alih menampilkan item-item bersejarah, De Mata menawarkan konsep museum modern lukisan 3D.

Lokasi dan Tiket Masuk De Mata Jogja

Alamat De Mata Jogja berada di XT Square, tepatnya di Jalan Veteran No. 150-151, Yogyakarta. Letaknya berada di tengah kota, hanya 4 kilometer saja dari alun-alun Yogyakarta atau 10 menit waktu tempuh jika menggunakan kendaraan. Jadi, tidak mengherankan bila tempat ini selalu masuk dalam destinasi wajib, karena tempatnya mudah diakses. Agar lebih mudah menempuh rute ini, Anda bisa memanfaatkan jasa rental motor Jogja yang sudah dipercaya banyak pelanggan.

Jam operasional Museum De Mata adalah pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari. Sementara harga tiketnya variatif, tergantung hari kunjungan dan identitas pengunjung. Pada happy hour, yaitu jam 10.00-15.00, tiket masuk dibanderol Rp30.000,- per orang. Sementara pada weekdays di luar waktu tersebut tarifnya sebesar Rp40.000,- tiap pengunjung dan untuk weekend Rp50.000,-.

 tiket masuk de mata jogja

Instagram @rafael_ernest

Khusus untuk pelajar akan mendapat diskon tiket dan berlaku setiap hari. Demikian pula untuk hari-hari tertentu akan diberlakukan harga berbeda. Istimewanya, untuk mereka yang berulang tahun dan dapat mengonfirmasi dengan menunjukkan kartu identitas seperti kartu pelajar atau e-KTP yang masih berlaku, mendapatkan gratis tiket masuk.

Konsep dan Perkembangan De Mata Yogyakarta

Konsep dari Museum De Mata Jogja adalah trick eye atau ilusi mata melalui jajaran lukisan 3D yang atraktif. Didirikan tahun 2013, De Mata merupakan museum 3D pertama di Indonesia sebelum kemudian konsep serupa ditiru oleh kota-kota besar lainnya. Semula, karena konsep tergolong asing, sepanjang tahun pertama operasionalnya, pengunjung terlalu sepi.

alamat de mata jogja

Instagram @ayunurmelinda

Barulah tahun 2014 menjadi titik balik setelah pengunjung mengunggah keunikan De Mata ke situs jejaring sosial dan menjadi viral. Setelah itu, pengunjung museum pun mengalami peningkatan hingga 100% dan menjadikannya seolah destinasi wisata wajib Yogyakarta. Bahkan, saat weekend dan momen liburan sekolah, disarankan melakukan reservasi terlebih dulu akibat pengunjung overload.

Fasilitas dan Hiburan di Museum De Mata Jogja

Apa saja sih fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan di Museum De Mata yang lokasinya tidak jauh dari Stasiun Tugu ini? Banyak sekali, yaitu :

1.      Fotografi

Tidak dapat dipungkiri bahwa Museum De Mata Jogja menyasar target pengunjung generasi milenial yang hobi berswafoto dengan latar instagramable atau mereka yang memang penghobi fotografi. Lukisan-lukisan berbasis 3D yang tampak hidup memang menjadi latar yang pas untuk didokumentasikan. Terlebih, deretan lukisan yang memenuhi museum itu unik seperti Disney dan superhero.

2.      Belajar

Di De Mata, tidak hanya tersedia deretan lukisan trick eye 3D, tapi juga aktivitas edukatif seperti crafting atau membuat karya seni dari bahan-bahan daur ulang. Aktivitas ini cocok untuk menjadi alternatif hiburan sekaligus meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, banyak juga lukisan pahlawan maupun budaya tradisional untuk menambah pengetahuan mereka.

3.      Pijat, Kuliner, dan Belanja

Saat kamu mengunjungi De Mata, rasanya tidak perlu lagi mampir ke tempat lain. Sebab, tempat itu menawarkan paket hiburan lengkap seperti pijat, wisata kuliner tradisional hingga modern, dan belanja cindera mata atau oleh-oleh. Pijatnya menggunakan kursi massage modern, kulinernya tersedia dalam bentuk foodcourt, dan oleh-olehnya pun khas Yogyakarta.

Jadi, mengunjungi Museum De Mata Jogja merupakan pilihan tepat, terutama jika waktu yang dimiliki tidak terlalu panjang. Di sana, kamu bisa berfoto, belajar, merelaksasi diri, sekaligus berburu buah tangan. Tiketnya pun relatif terjangkau dengan tolak ukur fasilitas yang lengkap dan tempat yang nyaman.