Home » Destinasi Menarik Yogyakarta » 5 Museum di Jogja yang Sangat Pas Kamu Kunjungi

5 Museum di Jogja yang Sangat Pas Kamu Kunjungi

    tiket masuk museum affandi

    Berkunjung ke Jogja tentu tidak lengkap tanpa mengunjungi museum-museum yang ada di sana. Ya, hitung-hitung berwisata sambil belajar. Setelah puas mencoba berbagai wisata alam di Jogja, tidak ada salahnya untuk mampir ke museum. Dalam ulasan berikut ini, akan dibahas rekomendasi museum di Jogja sebagai pelengkap wisatamu.

    a. Museum Affandi

    Museum ini sangat cocok untuk kamu pecinta seni lukis. Di sini kamu akan menemukan berbagai lukisan karya maestro Affandi dan peninggalannya. Bukan hanya lukisan, kamu juga akan menemukan banyak pengetahuan tentang dunia kepenulisan dan seni.

    tiket masuk museum affandi

    Instagram @rizaloke

    Museum yang dikelilingi pepohonan rindang ini dulunya merupakan rumah dari Affandi. Setelah dia wafat, rumahnya dijadikan sebagai museum untuk mengabadikan karya-karyanya.

    Lokasinya berada di Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta, dekat dengan Museum Ambarrukmo. Museum buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 dengan harga tiket Rp15.000 untuk turis lokal) dan Rp50.000 untuk turis mancanegara.

    b. Museum Ullen Sentalu

    Di sini terdapat berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Peninggalan tersebut, seperti alat musik, lukisan, kumpulan foto, kain batik, arsip, dan peninggalan lainnya. Bangunan museum dengan desain yang unik dan tentunya menjadikan museum semakin istimewa.

    Lebih kerennya lagi, pada tahun 2013, Museum Ullen Sentalu dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia versi Trip Advisor Travellers’ Choice Attraction.

    Kalau mau datang ke sini, alamatnya ada di Jl. Boyong, Kaliurang, dekat dengan Museum Gunung Merapi dan Gardu Pandang Kaliurang. Buka pada hari Selasa – Jumat pukul 08.30 – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.30 – 17.00 WIB. Untuk dewasa, harga tiket masuk sebesar Rp30.000 dan anak-anak Rp15.000.

    c. Monumen Jogja Kembali

    Rekomendasi museum di Jogja selanjutnya adalah Monumen Jogja Kembali. Museum yang dikenal dengan nama Monjali ini memiliki bangunan yang sangat ikonik. Di dalamnya berisi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya yang terjadi di Yogyakarta. Koleksinya lengkap, mulai dari foto, dokumen, berbagai senjata, replika, dan sebagainya.

    Monjali juga merupakan museum yang paling sering dikunjungi oleh pelajar yang tengah melakukan darmawisata. Karena melalui museum ini, para siswa bisa belajar banyak mengenai sejarah perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

    Monjali berlokasi di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, dekat dengan Taman Pelangi. Buka pada hari Selasa – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Harga tiketnya terjangkau, hanya sebesar Rp. 10.000 setiap orangnya.

    d. Museum Sonobudoyo

    Museum ini menjadi tempat penyimpanan banyak alat kesenian asli Indonesia. Selain itu, museum juga menyimpan peninggalan yang berkaitan dengan teknologi, biologi, etnografi, arkeologi, geologi, sejarah, seni rupa dan sebagainya. Namun peninggalan yang paling banyak ditampilkan di sini adalah keris.

    museum di jogja

    Instagram @amie_sakuntala

    Ada 2 tempat dari Museum Sonobudoyo, yaitu sebelah selatan 0 km jogja dan Ndalem Condrokiranan Wijilan. Karena jaraknya dekat, kedua tempat dapat ditempuh dengan jalan kaki. Di dekat museum juga ada tempat wisata lain, seperti Monumen Serangan Umum 1 Maret.

    Museum buka setiap hari Selasa – Kamis pukul 08.00 – 15.30 WIB, Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, serta Sabtu – Minggu 08.00 – 15.30 WIB. Tiket masuk sebesar untuk dewasa Rp3.000 per orang, namun hanya Rp2.500 per orang jika rombongan. Untuk anak, sebesar Rp2.500 per orang, dan Rp2.000 per orang jika rombongan. Sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp5.000.

    e. Museum Biologi

    Sesuai dengan namanya, Museum Biologi merupakan museum mengenai pendidikan hayati, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Di sini terdapat koleksi berbagai spesimen dengan jumlah lebih dari 4.000.

    Dengan koleksi selengkap itu, tentu museum ini menjadi tempat yang cocok untuk mempelajari tentang flora dan fauna. Flora dan fauna yang ditampilkan merupakan sumbangan para peneliti dari berbagai penjuru dunia.

    Kamu bisa datang ke Jl. Sultan Agung No 22, Yogyakarta untuk ke Museum Biologi. Museum ini berada di lingkungan UGM. Buka setiap hari Senin – Kamis pukul 08.00-15.00 WIB dan Jumat pukul 08.00-14.30. Harga tiket masuk sebesar Rp1.500 untuk pelajar, Rp2.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp5.000 untuk wisatawan asing.

    Jadi dari daftar museum di Jogja ini, sudah menentukan kamu akan mengunjungi museum yang mana? Semuanya bisa kamu capai dengan mudah saat di Jogja. Urusan transportasi yang mudah, sewa saja motor dari Omah Rental Motor Jogja.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *