Pantai Jogan Yogyakarta Indahnya Bikin Kamu Betah

Air terjun yang menyatu dengan laut? Memangnya ada? Jawabannya, ada, tepatnya di Pantai Jogan yang masuk dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memang belum lama populer, itupun berkat foto-foto panorama cantiknya disebarkan melalui jejaring sosial. Tapi, tidak berlebihan bila menyebut Jogan sebagai pantai paling eksotik di Jogja.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wisata Jogan

Secara demografis, pantai cantik yang saat ini sedang ramai menjadi pembicaraan para traveler ini berada di wilayah Gunung Kidul. Popularitasnya saat ini bersaing ketat dengan Pantai Wedi Ombo. Kalau kamu belum baca, silakan cek ulasan tentang Pantai Wedi Ombo juga ya. Nah, sayangnya, untuk sampai ke lokasi Jogan sendiri membutuhkan sedikit perjuangan ekstra karena jarak tempuhnya dari pusat kota saja mencapai dua jam perjalanan.

jalan menuju pantai jogan

Instagram @fiqiih

Dari kota, kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja agar lebih mudah menaklukkan medan yang berkelok-kelok. Urusan sewa motor, paling pas ya rental motor Jogja Murah. Sekitar 400 meter dari Pos Retribusi Pantai Siung, kamu akan dituntun oleh papan penunjuk jalan menuju Pantai Jogan. Cukup ikuti petunjuk tersebut, maka kamu pasti sampai ke destinasi tujuan.

Keindahan Jogan dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Meskipun perjalanan menuju Jogan cukup jauh dengan jalanan kecil berkelok-kelok, tapi rasa lelah dijamin tidak akan menghampiri kamu. Sebab, sepanjang perjalanan yang sejatinya mirip pendakian itu, kamu akan dimanjakan dengan pepohonan hijau menyejukkan. Udaranya pun sejuk dan bersih. Terlebih sesampainya di tujuan, jalan menuju Pantai Jogan terasa setimpal.

Pantai Jogan

Instagram @duiiberezutsky

Kamu akan disambut dengan pemandangan air terjun setinggi dua meter yang menyambung langsung dengan Samudera Hindia. Ya, karena tempat wisata yang satu ini tidak memiliki batas perairan dengan Laut Selatan tersebut. Namun, justru di situ letak keunikan sekaligus daya tariknya. Kamu tidak akan mendapati hamparan pasir laiknya pantai pada umumnya.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang jatuh ke samudera, alih-alih bermain pasir. Jadi, berkunjung kemari akan membuat kamu merasakan pengalaman seperti melakukan pendakian namun mendapat bonus eksotisme pantai. Lalu, apakah aktivitas yang bisa dilakukan hanya menikmati pemandangan saja? Tentu tidak. Ada aktivitas lain yang layak untuk dicoba sewa motor jogja

Aktivitas itu adalah berburu baby crab atau bayi kepiting. Di area sekitar air terjun memang banyak sekali bayi kepiting yang sekarang menjadi olahan kripik kekinian itu. Biasanya, warga sekitar sering berburu untuk mengolahnya. Namun, wisatawan yang datang ke Pantai Jogan juga boleh mencoba dengan menyewa peralatan mereka.

Fasilitas Pantai Wisata Jogan

Apakah fasilitas yang ada di area wisata tersebut memadai? Kamu tidak perlu khawatir. Sebab, meskipun lokasinya cukup sulit untuk dicapai, bukan berarti pantai yang berada di bawah pengelolaan komunitas masyarakat setempat ini terbengkalai. Banyak fasilitas penunjang untuk wisatawan yang telah disediakan, salah satunya toilet umum.

Selain itu, terdapat saung-saung bambu untuk tempat istirahat atau sekadar bercengkerama bagi pengunjung. Sebagian warga pun berinisiatif untuk menjajakan dagangan berupa minuman dan makanan kecil hingga berat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir sampai kelelahan, kelaparan, maupun kehausan di kawasan pantai tersebut. Beberapa warga juga menyewakan kamar kosong sebagai penginapan.

Waktu Berkunjung dan Tiket Masuk

Kalau kamu ingin datang ke pantai ini, disarankan pada musim penghujan saja, sekitar Desember – Maret. Sebab, pada saat itulah debit air sedang melimpah, sehingga kamu bisa menikmati panorama pantai secara sempurna. Sementara, kalau kamu datang ketika musim kemarau, kamu akan mendapati tempat tersebut hampir kering kerontang.

Wisatawan yang datang dikenakan retribusi berupa tiket masuk dan biaya parkir kendaraan. Tiket masuk area Pantai Jogan dikenakan Rp5.000,- tiap pengunjung, sama dengan tarif parkir kendaraan roda empat. Untuk kendaraan roda dua, tarifnya adalah Rp3.000,- per kendaraan.