Rute Pantai Watu Kodok Gunungkidul Tempat Wisata Pantai Terkenal di Jogja

    pantai watu kodok

    Pantai Watu Kodok Gunungkidul – Satu jalur dengan Pantai Sepanjang, pantai satu ini masih baru di Jogja. Namun keindahannya tak akan bikin kamu menyesal jika menyempatkan mampir ke sini. Pantai Watu Kodok Gunungkidul. Nggak perlu khawatir di sini bakalan dikerubuti kodok hehehe. Soalnya nama tersebut hanya karena ada sebongkah batu besar yang mirip kodok. Seperti apa indahnya pantai yang masih asri ini? kepoin yuk.

    Uniknya Pantai Watu Kodok Gunungkidul

    Pasir Pantainya yang Bersanding karang Terjal Menjadi Keunikan Tersendiri

    pantai watu kodok gunungkidul

    @vevticitrawaa_

    Pada dasarnya keindahan Pantai Watu Kodok tidak jauh beda dari pantai-pantai lain di dekatnya. Tapi yang agak unik di sini adalah munculnya batu-batu karang ketika air laut agak surut. Hamparan pasirnya putih sedangkan warna air lautnya benar-benar biru. Sungguh indah. Sewa Motor Murah Jogja

    Pantai Yang Dikelola Secara Mandiri, Bukti Kemampuan Masyarakat Meskipun Tidak Sekolah Tinggi

    pantai watu kodok gunungkidul

    @sutrizriot pantai watu kodok gunungkidul

    Berbeda dari beberapa pantai lainnya yang dikelola oleh pemerintah maupun investor, Pantai Watu Kodok dikelola oleh masyarakat desa. Mereka rata-rata hanya lulusan SD. Dulunya investor enggan menggarap lokasi ini karena menganggap masyarakta sekitar tidak mampu diajak kerjasama mengelola pariwisata.

    Akhirnya terbentuklah komunitas/paguyuban warga Pantai Kodok yang diketuai oleh  Heru Sumarno. Mereka bahu-membahu mengelola pantai ini dan mengenalkannya ke masyarakat luar desa dan daerahnya.

    Baca juga :  Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Mini Grand Canyon Ala Jogja

    Mempromosikan sekaligus membangun berbagai fasilitas pendukung. Kini ketika Pantai Watu Kodok mulai dikenal, mulailah pemilik modal besar membuat ulah dengan rencana membangun resor di kawasan yang dikelola masyarakat.

    Nah, untuk mendukung perjuangan komunitas warga ini, kelompok pemusik jazz ‘Mben Senen pernah mengadakan festival jazz di Pantai Watu Kodok pada 17-18 Januari lalu. Semua dana hasil tiket dan didonasikan untuk mendukung perjuangan masyarakat Pantai Watu Kodok.

    Ini Lokasi Watu Kodok, Asal Penamaan Untuk Pantainya

    pantai watu kodok gunungkidul

    @wayoy

    Nah, soal Watu Kodok, ternyata memang di dekat pantai ini ada sebuah patung batu berbentuk kodok. Letaknya berada dalam sebuah goa di sebelah barat pantai. Lokasi goa itu sulit dijangkau karena baru kelihatan jika air sedang surut.

    Semua Bisa Kamu Lakukan Di Sini, dari Bermain, Memancing, Hingga Snorkeling

    pantai watu kodok gunungkidul

    @aghiw_

    Selain kegiatan biasa di pantai seperti bermain pasir atau bermain voli, kamu juga bisa memancing. Ada beberapa spot yang biasa digunakan untuk memancing ikan laut. Untuk peralatan pancingnya bisa kamu bawa sendiri ataupun menyewa.

    Kegiatan snorkeling pun bisa dilakukan dari pantai ini. Kamu akan dibawa agak ke tengah dengan perahu yang membawa perlengkapan snorkeling. Untuk harga sewa perlengkapan masih tergolong murah, yaitu Rp.80.000 saja.

    Meskipun Dikelola Mandiri, Fasilitasnya Sudah Semakin Baik

    Fasilitas di Pantai Watu Kodok memang belum selengkap pantai lainnya. Tetapi pengelola pantai ini terus mengembangkan dan memperbaiki fasilitas vital. Misalnya gazebo/gubuk, kamar mandi, dan warung-warung sudah mulai bermunculan di pantai ini.

    Baca juga :  5 Wisata Malam Jogja Ini Romantismenya Bikin Baper

    Catat Lokasi, Rute dan Harga Tiketnya ya

    Pantai Watu Kodok berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 70 Km dari Yogyakarta, dan butuh waktu sekitar 1 jam 30 menit. Rute ke sana masih terbilang mudah, soalnya posisi pantai ini masih sebaris dengan Pantai Baron. Jalan menuju pantai masih berupa konblok. (map)

    Untuk rute efektifnya ada beberapa pilihan, yaitu:

    Dari Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Jl. Pantai Baron – Tepus masuk lewat pintu timur – Pantai Indrayanti – Pantai Sundak – Pantai Drini – lalu sampai di Pantai Watukodok

    Bisa juga lewat arah lapangan terbang Gading. Setelah Sambipitu lalu ke Gading – Siono – Wonosari – Jalan pantai Baron – Kemadang – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Sepanjang – tiba di Pantai Watu Kodok.

    Harga Tiket Masuk ke Pantai Watu Kodok untik saat ini hanya Rp.5.000 sekaligus sebagai uang kebersihan. Biaya yang mungkin kamu keluarkan adalah untuk ke toilet atau kamar mandi dan kalau ingin menyewa peralatan memancing dan snorkeling.  Jadi bagaimana, Guys? Sudah siap meluncur ke Pantai Watu Kodok?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *