Home » Destinasi Menarik Yogyakarta » Stasiun Lempuyangan, Terminal Tertua yang Kini Tampil Modern

Stasiun Lempuyangan, Terminal Tertua yang Kini Tampil Modern

    stasiun lempuyangan ke malioboro berapa menit

    Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun kereta api tertua yang ada di Kota Yogyakarta. Di awal beroperasi, rute kereta api yang tersedia hanya meliputi wilayah Yogyakarta hingga Semarang. Kemudian terus berkembang sampai mencakup seluruh wilayah Pulau Jawa.

    Stasiun yang berada di bawah pengelolaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta ini menjadi tujuan bagi mereka yang ingin menaiki kereta kelas ekonomi.

    Di luar musim liburan atau mudik, Anda bisa mendapatkan tiket kelas ekonomi dengan mudah melalui pembelian langsung ke loket.

    Sejarah Stasiun Lempuyangan

    Peresmian Stasiun Lempuyangan dilakukan pada tanggal 2 Maret 1872 disusul oleh Stasiun Tugu yang dibuka 15 tahun kemudian.

    Pembangunan stasiun dilakukan oleh perusahaan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij, perusahaan kereta api swasta di Hindia Belanda. Pembangunan stasiun dimulai sejak tahun 1871 hingga 1872, bersamaan dengan pembangunan jalur rel Solo Balapan – Yogyakarta.

    jadwal stasiun lempuyangan

    Instagram @shafa_ahmad92

    Jalur tersebut memiliki panjang 58 km, bagian dari jalur kereta api Jawa atau Semarang-Vorstenlanden dengan panjang 166 kilometer. Vorstenlanden sendiri bermaksud wilayah-wilayah kerajaan yang meliputi Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Kadipaten Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

    Stasiun dibangun dengan 6 jalur yang menghubungkan ke Stasiun Yogyakarta, Stasiun Maguwo, dan Balai Yasa. Uniknya, jalur yang menuju Balai Yasa yang merupakan bengkel kereta api terbesar di Pulau Jawa, menembus perumahan dan melewati gang-gang di dalamnya.

    Rute dan Kereta Api yang Tersedia di Stasiun Lempuyangan

    Stasiun Lempuyangan menjadi titik keberangkatan KA Progo jurusan Jakarta dan KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi. Selain melayani kereta ekonomi, Lempuyangan juga dilintasi oleh KA lokal atau komuter.

    Jika ingin menaiki kereta api ekonomi AC premium tujuan Jakarta, Anda dapat memilih KA Mataram Premium.

    Sementara itu, untuk KA ekonomi AC plus, tersedia KA Jaka Tingkir, KA Bogowonto, KA Gajah Wong, dan KA Singosari jurusan Jakarta, serta KA Joglokerto jurusan Purwokerto dan Solo. Untuk kelas ekonomi AC, terdapat pilihan Gaya Baru malam jurusan Jakarta dan Surabaya, KA Pasundan tujuan Bandung, KA Bengawan dan KA Progo tujuan Jakarta.

    Fasilitas di Stasiun Lempuyangan

    Fasilitas umum yang tersedia di Stasiun Lempuyangan cukup lengkap meliputi:

    1. Loket

    Loket tiket stasiun Lempuyangan berada tak jauh dari koridor. Pada bagian depan, terdapat loket 1 dan 2 melayani pembelian tiket kereta lokal dan kereta jarak jauh. Di belakangnya terdapat loket 3 dan 4.

    stasiun lempuyangan ke malioboro berapa menit

    Instagram @mustfree

    2. Ruang Layanan Pelanggan

    Ruang layanan pelanggan berada di belakang loket 1 dan 2. Di sini, Anda dapat langsung memesan tiket setelah menanyakan ketersediaannya. Anda pun dapat melakukan proses pengembalian dana (refund). Untuk menggunakan fasilitas layanan pelanggan, Anda perlu mengambil nomor antrean pada mesin yang berada di depan.

    3. Tangga dan Papan Jadwal Kereta

    Di dekat loket 3 dan 4 terdapat tangga dengan 2 pilihan jalur. Untuk penumpang yang membawa kopor atau troli dengan roda dapat menggunakan jalur berwarna hitam yang lurus. Sementara bagi yang memerlukan tangga biasa dapat memilih jalur di sebelahnya. Pada sisi kanan tangga terdapat papan jadwal kereta api yang melalui Stasiun Lempuyangan.

    4. Mesin Tiket

    Stasiun Lempuyangan memiliki mesin tiket yang berfungsi seperti ATM.

    5. Area Tunggu

    Stasiun Lempuyangan mempunyai area tunggu yang luas. Di dalamnya juga tersedia banyak kursi, cukup nyaman untuk pengunjung.

    6. Toko dan Kafe

    Sambil menunggu kereta api, Anda dapat membeli camilan, bersantai sambil minum kopi di kafe, atau minuman ringan di toko, booth, dan kafe yang ada di sana. Di sana juga terdapat Loko Café di area bekas loket yang lama.

    Selain keenam fasilitas tersebut, stasiun ini juga memiliki layanan cetak tiket mandiri, ATM, parkir, dan mesin jualan otomatis atau vending machine.

    Demikian ulasan mengenai Stasiun Lempuyangan Yogyakarta yang selalu meningkatkan pelayanannya dari masa ke masa. Dari sini kamu bisa menemukan beberapa tempat wisata di Jogja yang terdekat. Misalnya Maliboro, Alun-alun, dan lainnya. Untuk urusan transportasi dengan roda dua, pilih saja layanan Omah Rental Motor Jogja.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *