Home » Sekilas Info » Mengenal Stasiun Tugu, Stasiun Utama di Yogyakarta

Mengenal Stasiun Tugu, Stasiun Utama di Yogyakarta

alamat stasiun tugu yogyakarta

Stasiun Tugu atau sering disebut Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun kereta api utama untuk masuk dan keluar dari Yogyakarta. Stasiun tugu yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI Yogyakarta tergolong sebagai stasiun tipe A Letaknya sangat strategis yaitu di Jalan Pringgokusuman, Gedong Tengen, sehingga Anda dapat mencapai Malioboro dan Keraton Yogyakarta, dengan mudah menggunakan becak, ojek, ataupun berjalan kaki.

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Stasiun Yogyakarta yaitu sejumlah monumen seperti mesin uap portabel buatan Inggris di pintu masuk keberangkatan timur dan monumen lokomotif diesel hidrolik D301 22.

jadwal kereta api stasiun tugu yogyakarta

Instagram @suhadirita_

Terdapat dua pintu masuk di Stasiun Yogyakarta yaitu pintu timur dan pintu selatan. Pintu timur untuk cek masuk dan berangkat naik kereta, sedangkan pintu selatan difungsikan sebagai pintu keluar yang tembus ke Jalan Pasar Kembang.

Stasiun terdekat dari Stasiun Tugu yaitu Stasiun Maguwo yang terletak tidak jauh dari Bandara Adi Sucipto. Jika kondisi lalu lintas lancar, stasiun dapat dicapai kurang dari 30 menit dari bandara.

Sejarah Pembangunan Stasiun Tugu

Tujuan awal dibangunnya Stasiun Tugu yaitu untuk mengangkut penumpang dan hasil bumi dari perkebunan yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

jam buka loket stasiun tugu yogyakarta

Instagram @fardeean_thias

Pembangunan oleh pemerintah Hindia Belanda dimulai dengan membuat jalur rel pada 17 Juni 1864. Sementara Stasiun Tugu sendiri mulai beroperasi pada tanggal 2 Mei 1887.

Rute dan Kereta Api yang Tersedia di Stasiun Yogyakarta

Stasiun Tugu melayani berbagai kelas dan jadwal keberangkatan, selain kereta api ekonomi jarak jauh dan jarak menengah yang bersubsidi.

alamat stasiun tugu yogyakarta

Instagram @_buyung_upik

Stasiun ini memberikan layanan kelas eksekutif seperti KA Argo Wilis jurusan Bandung dan Surabaya, KA Argo Lawu jurusan Jakarta dan Solo, KA Argo Dwipangga tujuan Jakarta dan Solo, KA Gajayana tujuan Jakarta dan Malang. KA Bima tujuan Jakarta, KA Turangga jurusan Bandung dan Surabaya, serta KA Taksaka tujuan Jakarta.

Untuk kelas campuran tersedia KA Lodaya tujuan bandung dan solo, KA Sancaka tujuan Surabaya, KA Malabar jurusan Bandung dan Malang, KA Malioboro Ekspress tujuan Malang, serta KA Ranggajati jurusan Cirebon, Surabaya, dan Jember. Selain itu, ada KA Mutiara Selatan tujuan Bandung dan Surabaya, KA Senja Utama tujuan Solo, KA Fajar Utama YK tujuan Jakarta, KA Bogowonto, tujuan Jakarta dan tujuan Yogyakarta Lempuyangan (kelas eksekutif-ekonomi AC plus). Terakhir, KA Gajah Wong tujuan Yogyakarta Lempuyangan (kelas eksekutif-ekonomi AC plus), serta KA Wijayakusuma tujuan Cilacap dan Surabaya.

Fasilitas di Stasiun Tugu Yogyakarta

Stasiun KA tugu memiliki sejumlah fasilitas seperti:

1. Loker

Di Stasiun Tugu terdapat loker atau tempat menitipkan barang yang berada di lorong samping pintu masuk menghadap ke timur. Terdapat dua pilihan yaitu loker besar dan loker kecil. Loker besar mampu menampung 2 buah koper besar, sedangkan loker kecil hanya dapat menampung sebuah koper besar atau beberapa ransel. Biaya penitipan yang dikenakan yaitu Rp20.000 per 2 jam. Loker ini dapat Anda manfaatkan antara pukul 06.00-23.00 WIB setiap harinya.

2. Loko Cafe

Loko Cafe merupakan tempat makan milik anak perusahaan PT KAI yang buka mulai pukul 06.00-22.00 WIB. Menu yang disediakan meliputi kuliner Nusantara, Asia, hingga Western.

3. ATM

Di Stasiun Tugu terdapat beragam gerai ATM seperti BRI, BNI, BCA, dan ATM Link. Mesin ATM terletak di lobi pintu utara.

Di samping fasilitas-fasilitas di atas, Stasiun Tugu juga memiliki playground, tempat mengisi daya berupa charging corner dan charging on seat untuk menge-charge di kursi tunggu, toko oleh-oleh, toilet, restoran, musala, penitipan kendaraan bermotor, dan lounge eksekutif.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta yang merupakan stasiun utama di DIY. Oh ya, tidak jauh dari stasiun ini Anda sudah bisa menemukan tempat sewa motor di Jogja yang murah dan terpercaya. Tepatnya di jalan Pakuncen 38C, Wirobrajan. Itulah lokasi kantor kami. Banyak motor yang siap Anda sewa untuk menjelajah semua tempat wisata di Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *