Home » Tempat Wisata di Yogyakarta » Menikmati Romantisme Senja Di Persimpangan Titik Nol Kilometer Jogja 

Menikmati Romantisme Senja Di Persimpangan Titik Nol Kilometer Jogja 

Titik Nol Kilometer Jogja merupakan sebuah persimpangan di Jl.Ahmad Dahlan Yogyakarta yang juga berdekatan dengan lokasi Alun-Alun Kidul Jogja (Silakan baca ulasannya jika belum). Lokasinya yang berada di jantung kota, membuat tempat wisata ini selalu ramai pengunujung baik pagi, siang, sore maupun malam hari. Ditambah lagi gedung-gedung tua khas kolonial Belanda yang klasik menambah apik penampilan tempat wisata Jogja ini.

Jika Kamu berkunjung ke Yogyakarta, jangan sampai kelewatan untuk menyempatkan diri duduk-duduk santai di sepanjang area titik nol kilometer. Kamu juga bisa melakukan keseruan lainnya loh!

Aktivitas Seru di Titik Nol Kilometer Jogja

Mengunjungi titik nol kilometer Jogja kurang lengkap rasanya jika melewatkan kegiatan seru berikut ini!

1. Berburu Spot Instagramable

Salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke objek wisata ini yaitu melakukan swafoto atau groofie. Kamu bisa mengambil beberapa angle terbaik seperti latar bangunan kuno ditambah panorama senja yang menguning. Untuk mendapatkan suasana yang lebih hidup, sebaiknya Kamu mengambil foto pada pagi hari, sore atau malam hari, karena saat siang cuaca akan sangat panas.

titik nol kilometer Jogja

Instagram @nur.syafa

2. Menikmati Alunan Musik Musisi Jalanan

Hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu menyaksikan mini konser musisi jalanan. Jangan salah, Kamu tidak akan dibuat kecewa saat mendengarkan dendangan irama dari para musisi yang membawakan berbagai macam lagu. Suara merdu Mereka akan membawamu menikmati suasana Jogja dari sudut pandang berbeda. Selain itu Kamu juga bisa membeli makanan kecil yang dijual oleh penjaja makanan sekitar.

Jika Kamu menyukai musik akustik, datang saja ke titik nol kilometer pada minggu malam. Kamu akan dimanjakan dengan suara merdu dan alunan musik yang menenangkan.

3. Berburu Kuliner Khas

Lokasinya yang berdekatan dengan jalan malioboro, membuat Kamu lebih leluasa untuk berburu banyak kuliner. Banyak sekali penjaja makanan yang bisa Kamu kunjungi, seperti angkringan dengan nasi kucing, gorengan dan kopi josnya; nasi gudeg, jagung bakar, wedang ronde, bajigur, jagung bakar dan masih banyak lagi.

4. Berbelanja Batik

Selain makanan, Kamu juga bisa berburu aneka batik yang dijual oleh para pedagang kaki lima, maupun butik-butik yang ada di sekitar objek wisata. Tidak perlu takut dengan harganya karena batik maupun pernak-pernik yang dijual terbilang murah dan tentunya pas di kantong wisatawan.

5. Berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan salah satu benteng yang sudah dialih fungsikan sebagai museum sejarah. Benteng yang berada tidak jauh dari titik no kilometer ini memiliki banyak koleksi bersejarah seperti, diorama-diorama kisah pahlawan, pakaian, lembar surat kabar, dan berbagai senjata.

Lokasi dan Rute Titik Nol Kilometer Jogja

Titik nol kilometer terletak di Jl. Panembahan Senopati, Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Akses menuju objek wisata ini bisa ditempuh menggunakan mode transportasi apa saja, baik mobil, motor, sepeda, maupun delman. Jika kebetulan Kamu dari luar kota dan tidak membawa kendaraan sendiri, Kamu bisa menggunakan Jasa Rental Motor Jogja untuk menemani perjalananmu berkeliling.

titik nol kilometer Jogja

Instagram @mutermuterjogja

Dari arah malioboro, Kamu hanya harus berjalan lurus ke selatan atau bisa juga menaiki delman dan becak. Sesampainya di titik nol kilometer, Kamu akan disuguhi panorama bagunan belanda dan area pedestarian yang nyaman.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Objek Wisata Terdekat

Objek wisata satu ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp2.000 untuk parkir kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Sangat murah, kan? Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup memadai, seperti area pedestarian yang luas, tempat sampah, tempat duduk, lampu penerangan, toilet umum, pedagang kaki lima,dan petugas yang siap membantu.

Jika mampir ke titik nol kilometer Jogja, Kamu juga bisa sekalian berkunjung ke objek wisata lain seperti Istana Taman Sari, Malioboro, Alun-alun Kidul, Alun-alun Lor, Kraton Yogyakarta dan masih banyak lagi. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *