Wisata Gua Kalisuci Kulonprogo Tempat Cave Tubing Terkenal di Jogja

Rental Motor Jogja – Gunungkidul yang dulu terkenal kering kerontang kini sudah mulai beranjak menjadi daerah dengan lokasi wisata yang luar biasa indahnya. Sehingga perekonomian warganya juga meningkat. Nggak cuma pantai-pantai yang indah, tapi juga spot wisata yang unik dan langka di dunia. Cave Tubing Gua Kalisuci contohnya, yang tekenal keindahannya juga keunikannya. Bahkan di dunia hanya ada dua wisata sejenis, yaitu di Mexico dan New Zealand. Seperti apa keindahan Gua Kalisuci?

Serunya Gua Kalisuci Untuk Cave Tubing

Asyiknya Menyusuri Sungai di Luar Gua Yang Indah

gua kalisuci kulonprogo

@kalisuci

Di Gua Kalisuci kamu bakalan menikmati sensasi yang luar biasa. Petualangan yang memadukan kegiatan menyusuri gua dan body rafting.

Aktifitas wisata ini dikenal dengan istilah cave tubing, dan hanya ada di 3 tempat di dunia; Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul. Aliran sungainya berkelok-kelok mengalir dari ketinggian. Airnya yang biru kehijauan berpadu kontras dengan coklatnya tanah, tebing dan dedaunan.

Sejuknya Relung Gua Kalisuci Bakalan Membuatmu Betah

gua kalisuci kulonprogo

@kidung96

Begitu memasuki relung Gua Kalisuci keadaan akan berubah. Dari sungai luar yang terbuka berganti memasuki gua yang remang-remang dan agak gelap. Suasana dalam gua terasa sejuk dan dingin. Di langit-langit gua tampak stalaktit bergantungan memberikan kesan tersendiri. Kelelawar tak ketinggalan memanfaatkan langit-langit gua sebgai tempat tinggal.

Aliran air sungai bawah tanah yang berkelok-kelok ini akan membuat penyusuran sungai kian seru. Tebing-tebing di pinggirannya sangat eksotis dan tak ada bandingannya. Nggak perlu khawatir untuk mengikuti cave tubing ini. Soalnya ada pemandu yang siap menyertai petualanganmu memasuki relung sungai dalam gua.

Rute Cave Tubingnya melewati Gua-Gua Ini…

gua kalisuci kulonprogo

@gudut_setiabudi

Cave tubing di Kalisuci ini sudah terkenal hingga luar negeri lo. Merupakan perpaduan antara arung jeram dan susur gua yang indah. Bahkan Kalisuci diakui sebagai warisan dunia melalui sebuah penelitian pada tahun 1993. Bahkan mulai 6 Desember 2004 Kawasan Goa Kalisuci diresmikan sebagai kawasan Eco Kars oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Total jalur penyusuran ini sepanjang 600 -700 meter, tapi membutuhkan waktu 2 jam untuk menyusurinya. Jalur yang dilewati meliputi Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan berakhir di Gua Mburi Omah. Kedalaman air sungainya bervariasi antara 1 – 3 meter. Lamanya perjalanan tak akan terasa karena selain menikmati keindahan, pemandu wisata akan menceritakan sejarah Kalisuci.

Lokasi dan Rute ke Wisata Cave Tubing Gua Kalisuci

Objek wisata Cave Tubing Gua Kalisuci ini berada di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari kota Jogja hanya 60 Km dan butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. (map)

Dari Jogja kamu pilih jalur menuju Piyungan – Patuk – Sambipitu – Hutan Rest Area Bunder – Pertigaan Lanud TNIU AU Gading. Ambil saja jalan lurus ke Siyono arah alun-alun Wonosari. Arah Baleharjo.

Menuju ka Jembaan Jirak Semanu, sampai perempatan timur jembatan pilih arah ke kanan ke Pasar Semanu. Sampai di pertigaan Tri Wana Sakti belok ke kanan, sekitar 800 meter kamu sudah masuk kawasan wisata Kalisuci.

Kalau menggunakan angkutan umum, maka kamu tinggal ikut bis dari terminal Giwangan dan turun di simpang lima Wonosari. Lanjutkan dengan angkot ke Kecamatan Semanu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata Cave Tubing Gua Kalisuci Gunungkidul

Wisata Gua Kalisuci buka mulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp5.000. sedang untuk melakukan cave tubing kamu harus mengambil salah satu paket wisata dengan membayar Rp70.000/orang dengan anggota minimal 5 orang sekali berangkat. Untuk faslitas di sekitar lokasi sudah mencukupi. Ada tempat parkir, toilet, dan warung-warung makan.

Nah, makin nggak nahan ingin segera meluncur ke Cave Tubing Goa Kalisuci kan? Jangan lupa ajak rekanmu minimal 4 orang agar kalian bisa mengarungi sungai bawah tanah. Selain itu jangan datang saat musim hujan karena lokasi ini akan tutup jika bertepatan setelah hujan. Demi keselematan. Selamat berwisata…

Leave a Reply