Wisata Pantai Ngetun Gunungkidul Destinasi Terbaru Liburan di Jogja

Rental Motor Jogja  Keindahan pantai-pantai di Gunungkidul berbanding terbalik dengan kesan daerahnya yang gersang. Banyak keindahan pantai yang masih perawan dan layak kamu kunjungi. Pantai ini belum banyak terjamah pengunjung, bahkan belum tercatat secara resmi sebagai salah satu wisata pantai di Jogja.  Karena belum ada pengelola resmi otomatis bermain ke pantai ini adalah gratis.

Keindahan Pantai Ngetun Gunungkidul

Masih Sepi, Cocok Buat Meresapi Keindahan Ciptaan Ilahi

pantai ngetun gunungkidul

@machekoo pantai ngetun gunungkidul

Karena belum banyak dipublikasikan, belum mendapat sentuhan pengelolaan yang profesional, Pantai Ngetun masih sepi pengunjung. Tapi bukan berarti nggak ada sama sekali.

Menurut seorang penjaga pantai yang bernama Sakip, setiap Sabtu-Minggu setidaknya ada 4-5 orang camping di pantai tersembunyi ini.

Nama Aslinya Ngitun, Tapi Terlanjur Menyebar Mulut Ke Mulut Dengan Nama Ngetun

pantai ngetun gunungkidul

@kalemcoyy_ pantai ngetun gunungkidul

Soal nama, masih menurut Pak Sakip, aslinya nama pantai ini adalah Ngitun berasal dari bahasa Jawa Ngintun. Artinya bisa ‘mengintip’ dan bisa juga ‘mengirim’.

Orang yang datang jauh-jauh ke pantai ini seoalah mengintip keindahannya lalu mengirim pesan ke rekan-rekannya. Sayangnya pengiriman pesannya jadi kepeleset sehingga mengubah namanya ya.

Kamu Bisa Camping, Menikmati Ketenangan, Jauh dari Hingar Bingar di Pantai Ngetun

pantai ngetun gunungkidul

@sanistriwiranda

Itulah janji utama dari pantai cantik ini. Ketenangan dan penyegaran pikiran. Kamu akan disuguhi ketenangan di tengah hutan yang damai, gemericik sumber air yang segar di hutan menuju lokasi, dan tentunya deburan ombak pantai yang menenangkan.

Cek Rute dan Lokasinya, Karena Kamu Pasti Butuh Perjuangan Untuk Sampai di Sini

Lokasi Pantai Ngetun atau Ngitun adalah di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Berdekatan dengan pantai tempat mencari lobster, Pantai Timang yang juga terkenal dengan kereta gantung Gondalanya. Hanya terpaut beberapa ratus meter saja. (map)

Dari Yoyakarta ke Pantai Ngetun berjarak sekitar 75 Km dan memerlukan 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya di GPS berada dalam koordinat 110.65264460000003, -8.1703641.

Dari Yogyakarta salah satu pilihan rute yang bisa kamu pilih untuk ke Pantai Ngetun adalah dari Jalan Wonosari. Inti rute nantinya adalah menemukan SDN Negeri Gembuk. Dari jalan Wonosari melalui Piyungan-Patuk-Sambipitu-Lapangan udara Gading lalu belok kiri ke Kota Wonosari.

Sampai di pertigaan sebelah barat Polres Wonosari ambil jalan ke kanan ke jalan Baron-perempatan Karangajek lurus-sampai pertigaan Mulo ke kiri- Bintaos-Tepus. Sampai disini bertemu pertigaan, ambillah jalan yang ke kiri menuju Pantai Siung. Lanjut ke Bekonang-Gembuk-SDN Gembuk, lalu belok ke kanan mengikuti jalan kecil beraspal menuju ke Pantai Ngitun.

Perjalanan ke Pantai Ngetun lumayan melelahkan. Akses jalan masih sulit dan berbatu. Beberapa turunan terbilang curam. Namun karena sudah diperkeras dengan cor semen sehingga agak membantu kita.

Sebelum memasuki kawasan pantai, kamu harus menerobos hutan. Eits nggak serem kok. Justru pepohonan yang membentuk lorong itu seperti sebuah gapura selamat datang bagi para pengunjung.

Wisata Gratis, Namun Minimalis. Siapkan Bekalmu Dengan Baik, Termasuk Perlengkapan Camping dan Tambal Ban

Melihat lokasinya yang masih tersembunyi plus akses yang sulit. Pantai Ngetun lebih cocok buat kita yang ingin camping. Meskipun minim fasilitas, namun sekarang sudah ada warung kecil, kamar mandi dan mushalla.

Nah buat kamu yang suka tantangan, Pantai Ngetun  menjanjikan imbalan yang setimpal buat jerih payah perjuanganmu. Angin pantai yang sejuk, pasir yang masih halus dan empuk, pemandangan hijau dua bukit yang mengapit pantai dan tentu sensasi surga tersembunyi yang bakalan buat kamu puas relaksasi.

Untuk itu siapkan beberapa hal pendukung jika kamu ingin ngetrip ke Pantai Ngetun. Yaitu: perbekalan, alat camping jika ingin menginap, bahan makanan, plus kamu harus bawa rekan yang bisa menambal ban sekaligus bawa perlengkapan tambal ban. Soalnya untuk ke bengkel, jauhnya bisa jadi berkilo-kilo meter. Oke, sudah siap ngetrip?

Leave a Reply